Thursday, October 26, 2017

October 26, 2017

Liga Indonesia - CEO PSM Makassar Munafri Arifuddin menyayangkan klubnya tak lolos verifikasi AFC. Juku Eja bertekad memenuhi syarat untuk melakukan banding.

PSM menjadi salah satu dari 12 klub yang tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan lisensi AFC. Hanya dua klub Liga 1 yang sejauh ini lolos verifikasi yakni Arema FC dan Persib Bandung. Sementara tiga tim lain yakni Madura United, Bali United, dan Persija Jakarta lolos dengan catatan dan harus melengkapi syarat-syarat.

Situasi ini membuat PSM terancam tak bisa tampil di level Asia. Padahal saat ini mereka sedang memimpin klasemen dan berpeluang besar finis di tiga teratas. Indonesia sendiri mendapatkan tiga jatah untuk ke kompetisi Asia, yakni satu ke play-off Liga Champions Asia dan dua slot lainnya ke Piala AFC.

Munafri masih yakin PSM seharusnya bisa memenuhi persyaratan untuk lolos, meski mengakui untuk aspek infrastruktur alias stadion jadi problem terbesar.

"Kami sangat menyayangkan apalagi tim ini sekarang memimpin klasemen," kata Munafri kepada pewarta pada Kamis (26/10/2017). 

"Menurut saya di dalam sana ada hal yang harus diperhatikan sama-sama untuk melihat ada kesalahan yang terjadi atau prosedural. Ini harus dilihat semuanya." 

"Saya pikir semua syarat bisa dipenuhi kecuali dipaksakan untuk masalah lapangan. Akan sangat sulit bagi PSM saat ini karena tidak mungkin renovasi stadion, (solusinya) pasti pindah stadion," ujarnya menambahkan.

Munafri juga menyoroti soal aspek pendukung seperti lisensi pelatih, pembinaan usia muda, yang menurutnya perlu diperjelas lagi.

"Karena itu, kami ingin melihat kesalahan apa yang paling fatal dari semuanya agar kami bisa merespon ini dengan baik. Toh, jika ada perbaikan ya akan kami perbaiki. Ini bukan harga mati sebelum ada keputusan AFC, kan tidak bisa dilakukan dengan kaku," sambung Munafri.

"Ada batasannya iya, tapi masa kami tidak diberikan kesempatan untuk memperbaiki, ini aneh. Ya, intinya kami akan berusaha terus," katanya.

PSSI saat ini memberikan waktu dua hari untuk klub-klub yang belum lolos untuk melakukan banding. 

0 comments:

Post a Comment